Jumat, 16 November 2012

Penjelasan Mesin Listrik

MESIN LISTRIK
 

Prinsip dasar dari sebuah mesin listrik adalah konversi energi elektromekanik,yaitu konversi dari energi listrik menjadi enegi mekanik ataupun sebaliknya dari energi mekanik menjadi energi listrik.alat yang dapat mengubah (Mengkonversi) energi mekanik ke listrik disebut generator,dan apabila mesin melakukan proses konversi sebaliknya yaitu dari energi listrik ke energi mekanik disebut motor.
 

selain generator dan motor,transformator juga termasuk alat listrik yang menjadi bahasan pada saat mempelajari mesin,meskipun energi yang masuk dan keluar dari transformator sama yaitu energi listrik.pada transformator energi listrik yang diberikan pada liitan akan menyebabkan timbulanya medan magnet pada inti besi dan selanjutnya diubah kembali menjadi energi listrik.
 

Mesin listrik mulai dikenal pada tahun 1831 dengan adanya penemuan oleh michael faraday mengenai induksi elektromagnetik yang menjadi prinsip kerja motor listrik.percobaan mengenai konsep listrik di laboratorium-laboratorium terus dilakukan sampai tahun 1870 saat thomas Alfa Edison memulai pengembangan genereator arus searah secara komersial untuk mendukung distribusi tenaga listrik yang berguna bagi penerangan listrik dirumah-rumah.
kejadian penting dalam sejarah mesin listrik adalah dengan dipatenkannya motor induksi tiga fasa oleh Nikola Tesla pada tahun 1888.Konsep Tesla mengenai konsep Arus Bolak-balik selanjutnya dikembangkan oleh Charles Steinmetz pada dekade berikutnya,sehingga pada tahun 1890 transformator dapat diwujudkan, sekaligus menjadi pembuka jalan untuk melakukan Transmisi daya listrik jarak jauh.
 

Meskipun konsep mesin listrik yang digunakan saat ini tidak berbeda dari yang sebelumnya, tetapi perbaikan dan proses pengembangan tidak berhenti, Pengembangan bahan Ferromagnetic dan isolasi terus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan daya yang lebih besar dibandingkan dengan mesin listrik yang digunakan saat ini.
Mesin litrik memegang peranan yang sangat penting dalam industri maupun dalam kehidupan sehari-hari. pada power plant digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik, di industri digunakan sebagai penggerak peralatan mekanik, seperti mesin pembuat tekstil, pembuat baja, dan mesin pembuat kertas. Dalam kehidupan sehari-hari mesin listrik banyak dimanfaatkan pada peralatan rumah tangga listrik kendaraan bermotor, peralatan Kantor, peralatan kesehatan dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar